Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 19, No 1 (2024): ALIANSI : Jurnal Manajemen dan Bisnis

PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PT INMAS SURYA MAKMUR SEMARANG.

Januarianto, Benedictus Tri (Unknown)
Astuti, Indri (Unknown)
Wibowo, Hadi Mulyo (Unknown)
Rusdianto, Agustinus Renaldo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Kualitas pelayanan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntuan setiap konsumen memenuhi kebutuhan dan persyaratan, serta pada ketepatan waktu untuk memenuhi harapannya.  kepuasan konsumen adalah suatu kondisi dimana kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen terhadap sebuah produk dan jasa, sesuai atau terpenuhi dengan penampilan dari produk dan jasa.  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Kepuasan Konsumen pada PT. Inmas Surya Makmur Semarang.Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Random Sampel atau secara acak populasi di jadikan sampel ada 384 orang dapat digunakan rumus Slovin yang dikutip Sevilla dalam Husein Umar, 2017, jadi diperoleh sampel 80 orang.Berdasarkan pada hasil analisa regresi bahwa ternyata variabel Kualitas Pelayanan dapat meningkatkan Kepuasan Konsumen diperoleh  nilai Y = 8,117 + 0,653 X., ada pengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen diperlukan pembuktian dengan dilakukannya uji hipotesis variabel Kualitas Pelayanan terhadap peningkatan Kepuasan Konsumen diperoleh nilai thitung sebesar = 12,004 nilai ttabel pada (83) sebesar = 1,661, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti mempunyai bukti, bahwa antara variabel Kualitas Pelayanan terhadap variabel Kepuasan Konsumen terdapat pengaruh yang signifikan.  Sedangkan hasil analisa korelasi parsial dan uji hipotesisnya dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel Kualitas Pelayanan terhadap variabel Kepuasan Konsumen diperoleh nilai sebesar 0,866 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruhnya sangat kuat atau nilai Koefisien determinasinya (KD) sebesar : 75,0% jadi tingkat pengaruhnya sebesar 75,0% dan sisanya sebesar 25,0% dipengaruhi dari paktor-kaktor lainnya sepertia promosi, periklanan, sarana prasarana, distribusi dan lain sebagainya yang tidak di amati oleh penulis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aliansi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aliansi : Jurnal Manajemen dan Bisnis is dedicated to publishing scientific information, communication resources and perspectives by academics in Management and Business Economy. This journal published research article, reflection, and actual critical study with respect to the themes of ...