Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya kebutuhan terhadap sertifikat TOEFL sebagai salah satu persyaratan utama di berbagai institusi pendidikan, baik di dalam maupun di luar negeri. Menjawab kebutuhan tersebut, kajian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi simulasi tes TOEFL yang berfungsi sebagai media latihan interaktif guna membantu pengguna dalam meningkatkan skor TOEFL mereka. Dalam proses pengembangannya, studi ini menerapkan metode pengembangan multimedia versi Luther sebagai pendekatan untuk merancang aplikasi secara sistematis. Selanjutnya, untuk mengukur tingkat kegunaan dan penerimaan aplikasi, digunakan metode SUS yang melibatkan 20 responden sebagai pengguna uji coba. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi berhasil meraih skor SUS sebesar 80,2, yang diklasifikasikan dalam kategori grade B berdasarkan percentile rank dan grade scale pada metode SUS. Skor tersebut juga berada pada adjective rating excellent serta termasuk dalam kategori acceptable pada acceptability range, yang menandakan bahwa aplikasi memiliki tingkat kegunaan dan penerimaan yang sangat baik dari pengguna. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi simulasi tes TOEFL yang dikembangkan layak digunakan dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna sebagai sarana latihan untuk meningkatkan kemampuan dan skor TOEFL
Copyrights © 2025