Science: Indonesian Journal of Science
Vol. 2 No. 3 (2025)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Audiovisual Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mtss Darul Wasi'ah Simalinyang

Munawwar , Irfan (Unknown)
Putra, Kasman Edi (Unknown)
Zulhendri, Zulhendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Audiovisual Berbasis Powtoon  pada mata pelajaran matematika efektif terhadap hasil belajar siswa siswa kelas VII mtss darul wasi'ah simalinyang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen metode Posttest Only Control Grup dengan desain penelitian Posttest (Two Randomized Subject Posttest Only). Sampel  dalam penelitian ini yaitu kelas VII A yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan VII B yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol.Berdasarkan perhitungan uji non – parametrik dengan uji wilcoxom terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh   dengan sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti  ditolak dan diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Audiovisual Berbasis Powtoon efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics Public Health

Description

Science: Indonesian Journal of Science adalah jurnal multidisiplin ilmu, Indonesian Journal of Sciences merupakan jurnal peer review, open accses yang menerbitkan artikel Penelitian, hasil karya Disertasi, Tesis, Skripsi, Karya Tulis Ilmiah, Makalah Penelitian, Resensi Buku, Study Kasus, Laporan ...