Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 8, No 3 (2025)

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Fase F SMAN

Azira, Mimi (Unknown)
Murni, Atma (Unknown)
Roza, Yenita (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kota Pekanbaru. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X-5 di SMA Negeri 4 Pekanbaru sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Tes yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak 3 soal berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Pekanbaru pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel masih sangat rendah, dengan nilai rata-rata hanya 33,75. Sebanyak 75% siswa termasuk kategori sangat rendah, dan hanya 10% siswa memperoleh kategori sedang. Sebagian besar siswa mampu memahami masalah, akan tetapi kesulitan dalam menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. Temuan menunjukkan bawah diperlukan latihan soal rutin dan non-rutin, strategi pembelajaran yang lebih mendalam, serta guru dapat memberikan perhatian terutama pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...