Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami materi, meningkatkan interaksi dengan guru, serta mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan LKPD yang sesuai dengan konteks sekolah sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, khususnya untuk pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan LKPD matematika berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) menjadi penting untuk dilakukan. Sementara itu, LKPD matematika berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV masih sangat terbatas sehingga perlu diupayakan pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKPD berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe, dan evaluasi. Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan prototipe. Berdasarkan hasil validasi oleh tiga ahli, LKPD matematika berbasis PBI untuk kemampuan pemecahan masalah pada materi SPLDV memperoleh tingkat keidealan sebesar 91,50% yang termasuk kategori sangat valid dari ahli materi pembelajaran dan 80% yang termasuk kategori valid dari ahli teknologi pembelajaran. Revisi berdasarkan saran validator dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas LKPD, sehingga diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang sesuai dan mendukung penguatan kemampuan pemecahan masalah bagi peserta didik.
Copyrights © 2025