IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAHU DI UD LIRA

Hasugian, Mikhael (Unknown)
Rezeki, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tahu di UD Lira. Kualitas Produk merupakan ciri dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat, sedangkan Promosi ialah kegiatan menyebarkan informasi produk kepada pasar untuk mempengaruhi dan membujuk konsumen agar dapat menerima, membeli, dan loyal kepada sebuah produk dari perusahaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh reseller aktif yang membeli dan menjual kembali produk tahu dari UD LIRA yaitu sebanyak 60 orang. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Dengan reliabilitas cronbach alpha kualitas produk sebesar 0,802, promosi 0,778,. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian; (3) Terdapat pengaruh kualitas produk dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...