Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan social media marketing pada akun Instagram@malungoen.id dalam upaya meningkatkan brand awareness dan brand trust. Penelitian inidilatarbelakangi oleh rendahnya frekuensi unggahan konten serta minimnya interaksi audiens yangberdampak pada rendahnya brand awareness dan brand trust Malungoen.id. Metode penelitian yangdigunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui analisis InstagramInsight yang diperkuat dengan wawancara bersama pemilik usaha, ahli media, dan beberapainforman pendukung. Selain itu, dilakukan penilaian validasi oleh ahli media terhadap kelayakankonten yang dipublikasikan, serta penyebaran kuesioner kepada audiens untuk menilai kualitas danpenerimaan konten Instagram @malungoen.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapansocial media marketing melalui publikasi 15 konten mampu meningkatkan performa akun secarasignifikan. Berdasarkan penilaian ahli media, konten memperoleh skor kelayakan sebesar 88,57%dengan kategori sangat layak. Dari hasil Insight, Account reach meningkat sebesar +2.919,7%,sehingga semakin banyak pengguna yang mengetahui keberadaan Malungoen dan berkontribusiterhadap peningkatan brand awareness. Hasil wawancara juga mendukung temuan tersebut melaluikonsistensi penyajian konten dan visual yang khas. Engagement rate meningkat dari 3,04% menjadi17,61%, yang menunjukkan peningkatan brand trust. Hasil wawancara, Malungoen dinilaimenunjukkan kepedulian terhadap konsumen, serta bersikap terbuka dalam menyampaikaninformasi melalui konten, sehingga citra positif yang terbentuk semakin memperkuat brand trustterhadap Malungoen. Dengan demikian, implementasi social media marketing Instagramberkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan brand awareness dan brand trustMalungoen.id.
Copyrights © 2025