Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu mitra dalam strategi pemasaran secara onlineĀ usaha home industri catering. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Home Industri Catering Desa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Pemberdayaan industri rumah tangga dalam usaha catering memerlukan penambahan pengetahuan tentang media social dan platform digitalĀ yang sesuai dan tepat dalam pemasaran produk dan jasa layanan catering dengan strategi pemasaran secara online dalam mewujudkan tujuan bisnis catering yang ditekuni mitra. Metode pelaksanaan pengabdian strategi pemasaran secara online pada home industri catering MM sebagai mitra pengabdian melalui beberapa tahapan, dimulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Tahapan ini mencakup sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan dalam memanfaatkan platform digital untuk pemasaran produk. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan pendekatan edukatif. Sedangkan bagi mitra pengabdian diperlukan metode partisipatif dari pemilik usaha dan seluruh anggota pelaksana usaha yang terlibat. Teknik pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini dengan menggunakan berbagai tahapan-tahapan berikut: survey awal dan inventaris masalah mitra pengabdian, kajian tema pengabdian dan pengurusan ijin pengabdian, sosialisasi program, penyampaian materi manajemen pemasaran dan strateginya secara online, diskusi fokus grup, berbagi pendapat dengan pemilik dan anggota pelaksana usaha, pendampingan program, monitor dan motivator pada mitra pengabdian, evaluasi dan perbaikan program. Hasil kegiatan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat menunjukkan bahwa program ini mendapatkan respon yang positif dari mitra. Strategi pemasaran secara online pada home industri Catering MM Desa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal menunjukkan peningkatan penjualan dan visibilitas merek melalui pemanfaatan media sosial dan platform digital lainnya. Pelatihan dan pendampingan dalam pemasaran secara online membantu mitra meningkatkan keterampilan mereka dalam menjangkau konsumen dan pelanggan yang lebih luas dan dapat berinteraksi langsung lebih mudah dan cepat. Pengabdian ini juga membawa pengaruh pemberdayaan pada Usaha Home Industri Catering MM menerapkan strategi pemasaran online yang telah mitra pengabdian pelajari dan juga dapat memanfaatkan potensi pemasaran secara online untuk mengembangkan bisnis Catering MM.
Copyrights © 2025