Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran
Vol 2 No 4 (2025): Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran

Loyalitas Konsumen Yang Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Mie Gacoan Cimone Tangerang

Satria, Deka (Unknown)
Almassawa, Syafieq Fahlevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Loyalitas konsumen yang dipengaruhi oleh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening pada Mie Gacoan Cimone, Tangerang. Dalam penelitiaan ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling dengan menggunakan rumus Slovin dengan error 5% sebanyak 386 sampel. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik Struktural Equation Modeling Partial Least Square (SmartPLS). Hasil penelitian kuantitatif ini menunjukan dari 7 hipotesis diterima, yaitu Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai path coefficient 0,158 dan p-Value 0,010 < 0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai path coefficient 0,302 dan p-Value 0,000 < 0,5. Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai path coefficient 0,200 dan p-Value 0,005 < 0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai path coefficient 0,154 dan p-Value 0,036 < 0,05. Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai path coefficient 0,246 dan p-Value 0,001 < 0,05. Kualitas Produk melalui Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai path coefficient 0,039 dan p-Value 0,026 < 0,05. Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai path coefficient 0,074 dan p-Value 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai R Square yang diperoleh 0,145 dan 0,194 menunjukkan bahwa Kepuasan Konsumen (Y) dan Loyalitas Konsumen (Z) mampu dijelaskan oleh Variabel Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) sebesar 14,5% dan 19,4% yang sisaya dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

marketica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Marketica: Jurnal Ilmiah Pemasaran adalah jurnal akademik yang mengkhususkan diri dalam bidang pemasaran. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi dalam membagikan pengetahuan, penelitian, dan temuan terkait dengan strategi pemasaran, perilaku konsumen, ...