Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan Organisasi dalam Penerapan Shared Service Center

Akmalia, Elsavira Nurul (Unknown)
Putri, Sofie Yunida (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung keberhasilan organisasi dalam penerapan Shared Service Center (SSC). Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap kegiatan operasional yang berkaitan dengan implementasi SSC. Jumlah karyawan yang dipilih sebagai informan sebanyak 2 orang, yaitu Manager Shared Service Center selaku penyedia layanan Shared Services dan Senior Manager of Accounting selaku pengguna layanan Shared Service. Pemilihan informan dilakukan secara purposive agar informasi yang diperoleh relevan dan dapat dianalisis dari kedua sisi, yaitu penyedia layanan maupun pengguna layanan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor pendukung keberhasilan organisasi dalam penerapan shared service center adalah strategi organisasi, pemahaman, dan struktur organisasi. Dari sisi strategi organisasi, perusahaan memiliki arah dan rencana yang jelas dalam membentuk SSC sebagai pusat pengelolaan proses kerja administratif untuk mencapai efisiensi dan mengurangi duplikasi pekerjaan. Melalui sistem terpusat ini, proses bisnis menjadi lebih efektif dan mengoptimalkan penggunaan tenaga kerja. Faktor pemahaman juga berperan penting, baik bagi penyedia maupun pengguna layanan, terutama dalam menyesuaikan prosedur kerja serta menjalankan Service Level Agreement (SLA) sebagai komitmen terhadap kualitas layanan. Sementara itu, struktur organisasi yang jelas mempermudah pengawasan, koordinasi, dan pencapaian target kinerja SSC. Ketiga faktor tersebut saling mendukung dalam menciptakan efisiensi operasional, mempercepat proses bisnis, serta meningkatkan efektivitas dan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...