Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 3 No. 1 (2025): Oktober

Optimalisasi Layanan DJP Online: Pendampingan Wajib Pajak dalam Pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Sidoarjo Utara

Novita Aurelya Rahmadhani (Unknown)
Mariyatul Kiftiyah (Unknown)
Dian Fahriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program Relawan Pajak dalam meningkatkan kepatuhan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) di KPP Pratama Sidoarjo Utara melalui pendampingan wajib pajak menggunakan layanan DJP Online. Metode yang digunakan adalah pelaksanaan pendampingan langsung oleh mahasiswa sukarelawan yang telah menerima pelatihan khusus dalam membantu wajib pajak orang pribadi mengisi dan melaporkan SPT secara elektronik (e-Filing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa relawan dalam proses pendampingan dapat meningkatkan literasi perpajakan masyarakat dan kesadaran akan pentingnya kewajiban pajak, sehingga mendorong peningkatan kepatuhan pelaporan pajak. Selain memberikan kemudahan teknis, interaksi langsung antara relawan dan wajib pajak menciptakan kepercayaan yang berdampak positif pada partisipasi pelaporan. Program ini tidak hanya memberdayakan masyarakat dan mahasiswa, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan penerimaan pajak daerah dan mendukung pembangunan nasional secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Jurnal ini memuat hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu antara lain pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial, humaniora, dan komputer. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, ...