Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan bisnis pengelolaan toko buah. Studi ini menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan melibatkan penelitian observasi. Hasil analisis SWOT menunjukkan kekuatan dari toko buah ini adalah buah-buahan yang lengkap dan segar, lokasi strategis, pasukan buah dari pemasoknya langsung dan mempunyai pembeli tetap. Kelemahannya buah tidak bertahan lama (gampang busuk), harga lebih mahal karena kualitasnya bagus, modal yang terbatas dan produk yang rentan bila musim hujan. Peluangnya adalah target pasar yang luas karena disukai semua kalangan, permintaan pasar yang semakin menigkat, memasarkan dengan media social, memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam menciptakan pola hidup sehat. Ancamannya adalah buah tidak bertahan lama (gampang busuk), harga lebih mahal karena kualitasnya bagus, modal yangterbatas dan produk yang rentan bila musim hujan. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa pengelolaan toko buah dilakukan dengan baik. Tetapi Pengelola harus memperhatikan kualitas, kebersihan, kenyamanan dan pelayanan kepada pelanggan dengan baik agar dapat terus menjaga kesetiaan pelanggan untuk membeli buah di toko.
Copyrights © 2023