Jurnal Sosiologi Pertanian dan Agribisnis
Vol 7 No 2 (2025): Juli : Jurnal Sosiologi Pertanian dan Agribisnis

Strategi Pemasaran Bubuk Kopi di Coffee Shop Reje Kupi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah (Bubuk Kopi Arabika Gayo Specialty)

susanti, susi susanti susi (Unknown)
Hikmah, Hikmah (Unknown)
Yustisar, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran bubuk kopi Arabika Gayo specialty dengan studi kasus pada Coffee Shop Reje Kupi di Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Metode penelitian menggunakan analisis SWOT dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal melalui observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner kepada 35 responden. Hasil analisis menunjukkan nilai skor IFAS sebesar +0,69 dan EFAS sebesar +1,19, yang menempatkan usaha pada Kuadran I dengan strategi agresif. Posisi ini menunjukkan bahwa usaha memiliki kekuatan dan peluang yang besar sehingga dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing. Strategi yang disarankan meliputi pemanfaatan kualitas produk, penguatan identitas merek, perluasan promosi digital, serta pengembangan jaringan kemitraan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JuSPA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sosiologi Pertanian dan Agribisnis (JuSPA) mencakup bidang keilmuan Agribisnis meliputi : Sosial Ekonomi Pertanian, Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga, Ekonomi Pertanian, Sosiologi Pedesaan, Agribisnis, Penyuluh Pertanian. Jurnal Sosiologi Pertanian dan Agribisnis (JuSPA) terbit dua ...