Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH AIMAS

Meis Betteng (Unknown)
Nursalim (Unknown)
Kusumaningrum, Syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan meliputi analisis capaian pembelajaran, penyusunan tujuan dan alur tujuan pembelajaran, asesmen diagnostik, serta pengembangan modul ajar yang disusun sesuai karakteristik peserta didik. Pada tahap pelaksanaan, guru menerapkan strategi diferensiasi berupa diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar, minat, dan kemampuan peserta didik. Penilaian dilakukan secara formatif dan sumatif, dengan penggunaan berbagai instrumen yang mendukung pengukuran capaian belajar peserta didik. Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Aimas sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan standar yang ditetapkan, meskipun terdapat beberapa kendala yang perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan agar proses pembelajaran lebih optimal. Secara umum, penerapan kurikulum ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh. Kata kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika SD

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...