Tradisi Methik Pari merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat agraris Indonesia yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter pendidikan yang terkandung dalam tradisi Methik Pari dan potensi integrasinya ke dalam sistem pendidikan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library Research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Methik Pari sarat dengan nilai-nilai karakter, seperti rasa syukur, gotong royong, tanggung jawab, disiplin, dan hormat terhadap alam serta leluhur. Nilai-nilai ini terinternalisasi melalui prosesi ritual yang melibatkan keteladanan dan pembiasaan antargenerasi. Lebih lanjut, tradisi ini juga mengandung unsur matematis, seperti konsep himpunan, geometri, dan perhitungan, yang menunjukkan integrasi antara budaya dan ilmu pengetahuan. Implementasi nilai-nilai Methik Pari dalam pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pengembangan kurikulum berbasis budaya lokal, kegiatan ekstrakurikuler, dan keteladanan oleh guru dan keluarga. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa Methik Pari tidak hanya berfungsi sebagai ritual budaya, tetapi juga merupakan sumber pendidikan karakter yang efektif dan kontekstual untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia, cinta budaya, dan bertanggung jawab
Copyrights © 2025