Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETHNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Raudhatull Afifah, Cut (Unknown)
Ahmad Laut Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Model Realistic Mathematics Education (RME) memberikan siswa permasalahan yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan model RME dinilai tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di kelas 5 Sekolah Dasar karena siswa kelas 5 sedang dalam fase mengembangkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group design pre-test and post-test dengan jenis eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Partisipan penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN 8 Medan Petisah yang berjumlah 25 orang. Data yang dianalisis adalah data kuantitatif yang mengukur kemampuan akhir siswa yang diperoleh dari skor pretest, posttest, dan peningkatan penguasaan konsep (N-Gain). Lokasi penelitian di MIN 8 Medan Petisah. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari pelaksanaan pretest dan posttest pada 25 orang peserta didik kelas V MIN 8 Medan Petisah, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah dilaksanakannya model pembelajaran RME berbasis etnomatematika. Pada tahap pretest, hanya 5 orang peserta didik (20%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70, sedangkan 20 orang peserta didik (80%) belum mencapai ketuntasan. Nilai rata- rata peserta didik mengalami peningkatan dari 52,28 pada saat pretest menjadi 77,12 pada saat posttest, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 20% menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar peserta didik di SD MIN 8 Medan Petisah. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata siswa dari 52,28 pada pretes menjadi 77,12 pada postes, serta persentase ketuntasan belajar yang meningkat dari 20% menjadi 84%. Model RME berbasis etnomatematika terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...