IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol. 10 No. 2 (2026): IKRAITH-INFORMATIKA Vol 10 No 2 Juli 2026

PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN MAKANAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA MOKOPI PURI

Santosa, Naditra (Unknown)
Widyawan, Tri Ismardiko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2026

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan bagi industri makanan, termasuk dikafe Mokopi di Kota Tangerang yang menghadapi tantangan terkait waktu tunggu yang lama akibatpenggunaan sistem pemesanan manual di kasir. Hal ini menyebabkan antrean panjang dan menurunnyatingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini mengusulkan pembuatan aplikasi pemesanan makanan berbasisponsel dengan fitur pemindaian kode batang untuk meningkatkan efisiensi layanan. Aplikasi tersebutmemungkinkan pelanggan untuk melihat menu, melakukan pemesanan, dan membayar secara mandiri.Proses perancangan menggunakan metode Design Thinking (empathize, define, ideate, prototype, test)dengan tujuan untuk menghasilkan desain UI/UX yang mudah dan intuitif. Keberhasilan aplikasi ini akandievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur pengalaman pengguna.Diharapkan, aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan di Mokopi

Copyrights © 2026