Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan bagi industri makanan, termasuk dikafe Mokopi di Kota Tangerang yang menghadapi tantangan terkait waktu tunggu yang lama akibatpenggunaan sistem pemesanan manual di kasir. Hal ini menyebabkan antrean panjang dan menurunnyatingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini mengusulkan pembuatan aplikasi pemesanan makanan berbasisponsel dengan fitur pemindaian kode batang untuk meningkatkan efisiensi layanan. Aplikasi tersebutmemungkinkan pelanggan untuk melihat menu, melakukan pemesanan, dan membayar secara mandiri.Proses perancangan menggunakan metode Design Thinking (empathize, define, ideate, prototype, test)dengan tujuan untuk menghasilkan desain UI/UX yang mudah dan intuitif. Keberhasilan aplikasi ini akandievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur pengalaman pengguna.Diharapkan, aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan di Mokopi
Copyrights © 2026