Kemajuan teknologi informasi mendorong perubahan besar dalam pendidikan, terutamamelalui pembelajaran daring yang lebih fleksibel. Namun, pada mata pelajaran BahasaIndonesia di tingkat SMA, keterbatasan interaksi pendidik dan kemandirian peserta didikmasih menjadi kendala. Penelitian ini fokus merancang dan mengimplementasikanplatform e-learning interaktif berbasis web yang dipadukan dengan asisten virtual berbasiskecerdasan buatan generatif untuk mendukung pembelajaran peserta didik kelas X SMAKsatrya 51 Jakarta. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, meliputitahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan penilaian. Uji coba dilakukandengan metode Blackbox Testing serta evaluasi menggunakan System Usability Scale(SUS) terhadap 30 peserta didik dan seorang pendidik. Hasil menunjukkan semua fiturberjalan baik dengan skor SUS 78,5 yang masuk kategori “baik”. Sistem ini terbuktimendorong kemandirian belajar peserta didik serta membantu pendidik dalam pengelolaankelas
Copyrights © 2026