Kesulitan dalam memahami pelajaran biologi, khususnya klasifikasi tumbuhan dikotil dan monokotil, masih menjadi tantangan bagi banyak siswa sekolah dasar karena sifat materinya yang abstrak dan minim media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis Android bernama DIMOTIL sebagai media pembelajaran alternatif. Game dikembangkan menggunakan Construct 3 dengan metode Waterfall, mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Materi disesuaikan dengan kurikulum SD/MI dan dikemas dalam bentuk simulasi bertani serta strategi pertahanan agar lebih interaktif dan menyenangkan. Pengujian sistem dilakukan dengan metode blackbox dan pengujian pengguna dilakukan melalui observasi langsung saat siswa memainkan game. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi dengan baik dan game diterima positif oleh pengguna. Analisis data pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai sebesar 92%, dengan 19 dari 21 siswa mengalami peningkatan. Temuan ini menunjukkan bahwa DIMOTIL memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA tentang tumbuhan dikotil dan monokotil.
Copyrights © 2025