Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik pelayanan Kesehatan. Mengelola layanan kesehatan untuk meminimalisir waktu tunggu tidak hanya melibatkan waktu tunggu yang aktual, akan tetapi juga melibatkan waktu tunggu yang dinilai dari aspek psikologis. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi waktu tunggu pasien dari aspek psikologis (Psychological Waiting Time) di Poli Penyakit Dalam RS Permata Cibubur. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional dengan jumlah sampel 125 responden. Analisis dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variable terhadap persepsi waktu tunggu pasien. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Modeling). Hasil analisis diketahui bahwa sistem antrean dan teknologi, suasana social dan interaksi, dan aktivitas selama menunggu secara signifikan mempengaruhi persepsi waktu tunggu pasien di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Permata Cibubur dengan dibuktikan dengan hasil T Statistics lebih besar dari 1,96 pada masing-masing ketiga variabel tersebut. Kata kunci : persepsi, waktu tunggu, psychological waiting time.
Copyrights © 2025