Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar, perilaku belajar, dan metode mengajar dosen terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi. Variabel independen yang diteliti adalah kecerdasan emosional, motivasi belajar, perilaku belajar, dan metode mengajar dosen, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi menjadi variabel dependen. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara parsial, variabel kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan perilaku belajar terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini berarti semakin tinggi kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan perilaku belajar yang dimiliki mahasiswa, maka semakin baik pula pemahaman akuntansinya. Sebaliknya, variabel metode mengajar dosen ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Temuan ini mengindikasikan bahwa tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa lebih banyak dipengaruhi oleh faktor internal mahasiswa dibandingkan metode mengajar dosen. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta bagi pihak akademik dalam mengevaluasi strategi pembelajaran guna mendukung pemahaman akuntansi mahasiswa.
Copyrights © 2025