Pulo Tareba Takome merupakan salah satu destinasi wisata yang memanfaatkan kekayaan alam di Kota Ternate sebagai daya tarik utama. Setelah Covid-19 destinasi wisata ini berusaha meningkatkan kembali jumlah wisatawan. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kembali kunjungan wisatawan yakni dengan melakukan promosi. Strategi promosi yang dilakukan oleh pengelola Pulo Tareba Takome yaitu dengan memperkenalkan destinasi wisata kepada calon wisatawan dengan memberi informasi, berkomunikasi secara daring serta meyakinkan dan menarik perhatian calon wisatawan melalui akun Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan di destinasi wisata Pulo Tareba Takome melalui promosi di media sosial Instagram. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode purposive sampling kepada 100 orang responden yang merupakan wisatawan sekaligus pengikut akun Instagram @puloareba_takome. Analisis data menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan melalui promosi dimedia sosial Instagram. Penelitian ini mengindikasi bahwa pengelola destinasi wisata perlu meningkatkan penggunaan media sosial Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan di Pulo Tareba Takome.
Copyrights © 2025