JURNAL MANAJEMEN
Vol. 15 No. 2 (2023): Juni

Pengaruh pendidikan, pelatihan dan kecerdasan emosional serta sistem remunerasi terhadap komitmen dan kinerja guru sekolah kreatif

Ansar, Ansar (Unknown)
Pongtuluran, Yonathan (Unknown)
Wijaya, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Kecerdasan Emosional serta Sistem Remunerasi Terhadap Komitmen dan Kinerja Guru. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 35 Responden. Untuk memperoleh data penelitian digunakan instrument berupa kuesioner dengan skala likert 5. Untuk pengujian data digunakan Smart PLS (Partial Least Square). Hasil pengujian data menunjukkan bahwa semakin sering guru disertakan dalam pelatihan dan adanya sistem remunerasi disekolah tersebut maka semakin tinggi komitmen serta pengaruh komitmen guru terhadap Kinerja yang dihasilkan Juga sangat tinggi pada Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda dan Begitupun dengan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini mendukung atas grand theory terebut.   Akan tetapi sebaliknya ada dua variabel yaitu pendidikan, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap komitmen pada sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda. Dimana hasil temuan dalam penelitian ini berbeda dengan grand theory yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan, pelatihan dan kecerdasan emosional serta sistem remunerasi dapat menjelaskan terbentuknya komitmen guru dengan R2 sebesar 0,392 dan yang kedua pendidikan, pelatihan dan kecerdasan emosional serta sistem remunerasi ditambah dengan komitmen dapat mejelaskan terbentuknya kinerja guru dengan R2 sebesar 0,625.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURNALMANAJEMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July). ...