Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, serta menguji kebijakan dividen yang menjadi variabel moderasi pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2022. Metode penelitian dalam pengujian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan purposive sampling, sehingga menghasilkan 34 perusahaan dengan total 136 data observasi. Uji analisis data yang dilakukan menggunakan SPSS melalui regresi linier berganda dengan uji interaksi (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif signifikan dari likuiditas terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Kebijakan dividen tidak terbukti memoderasi pengaruh likuiditas terhadap nilai perusahaan, tetapi memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Hasil temuan ini dapat memberikan implikasi praktis dimana manajemen perlu menjaga keseimbangan antara likuiditas untuk menghindari sinyal negatif bagi investor, dan memanfaatkan profitabilitas serta kebijakan dividen yang konsisten untuk meningkatkan kepercayaan pasar. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengujian variabel likuiditas dan profitabilitas dengan menggunakan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi pada sektor barang konsumsi di Indonesia selama periode pascapandemi, suatu bidang studi yang relatif jarang.
Copyrights © 2025