Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2023): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Stroryline 3 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas VIII MTS Swasta Sholihin

Ramadhani, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pengembangan materi pembelajaran. Penggunaan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi diterapkan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A MTS Swasta Sholihin yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dianggap cocok digunakan sebagai perangkat pembelajaran khususnya untuk materi geometri yang permukaannya datar. Konfirmasi dokumen dan kendaraan mencapai angka 89,85%, kategori ini sangat layak. Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran tergolong realistis, sebesar 92,675% masuk dalam kategori sangat realistis. Penggunaan media pembelajaran berhasil meningkatkan minat belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar dengan skor kategori sedang sebesar 0,52 pada tes belajar tercapai. Dengan menilai keefektifan media pembelajaran, tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 76%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan materi pembelajaran Articulate Storyline 3 efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...