Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil
Vol 4, No 2 (2016)

Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang

Selamat Zulkipli (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bermula dari pengamatan volume lalu lintas di Jalan Bung Tomo Samarinda Seberang yang bertambah  padat penduduk serta letak sekolah yang dekat dengan jalan raya,   yang dijadikan sebagai objek penelitian, hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan kebisingan yang terjadi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis tingkat kebisingan kendaraan  akibat lalu lintas pada jalan Bung Tomo Samarinda Seberang, membuat suatu model matematis yang menyatakan hubungan antara tingkat kebisingan dengan volume kendaraan dan menganalisis ekivalensi kebisingan kendaraan akibat lalu lintas. Analisis data menggunakan metode Regresi Linier Berganda pada program SPSS 16.0 for Windows. Data yang dihasilkan dari proses analisis meliputi : Nilai Korelasi (hubungan) antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas, Tingkat Keberartian (signifikansi) dari masing-masing koefisien regresi, Model Tingkat Kebisingan, Uji Kenormalan Data dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil analisis maka tingkat tertinggi kebisingan kendaraan pada jalan Bung Tomo Samarinda Seberang adalah sebesar 86,2 dBA. Bentuk model tingkat kebisingan lalu lintas terbaik adalah Kebisingan (Y)  =  72,449 – 0,86Volmc + 015Volmc + 160Volhv – 023V dengan nilai R2 = 0,862 dimana nilai X1 adalah volume sepeda motor, X2 volume kendaraan ringan dan X3 volume kendaraan berat. Nilai ekivalensi kebisingan dari masing-masing kendaraan adalah  untuk sepeda motor : 1,9 ; kendaraan ringan : 1 dan kendaraan berat : 0,12. Kecepatan rata-rata 36,38 Km/jam. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TEKNIKD

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Kurva S: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil (p-ISSN 2339-2665) and (e-ISSN 2502-8448) published three time in a year, in April, August and December. The article can be product of researches, scientific thoughts or case study, in civil engineering and isn’t formed by politics, commercialism, ...