Semakin majunya informasi tentu dibarengi dengan kemajuan teknologi. Saat ini, smartphone merupakan kebutuhan pokok dalam berbagai lapisan masyarakat dari muda maupun sampai yang tua. Smartphone juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses berbagai media sosial. Salah satu media sosial unggulan yang berada di smartphone masyarakat saat ini ialah TikTok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh TikTok shop terhadap motif belanja mahasiswa Universitas Islam Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menyebarkan link kuesinoner melalui Google Form yang disebarkan secara online serta perhitungn score data menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan model regresi linear sederhana uji-t, peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh TikTok Shop terhadap motif belanja mahasiswa Universitas Islam Riau dengan signifikansi sedang sebesar 49,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Copyrights © 2022