JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

SOROT REPUTASI DALAM KOMUNIKASI KRISIS BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA: STUDI KASUS KECURANGAN SELEKSI CASN TAHUN 2021

Wirman, Welly (Unknown)
Yozani, Ringgo Eldapi (Unknown)
Sandro, Sandro (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Seleksi CASN tahun 2021 dikejutkan dengan kasus kecurangan yang dilakukan oleh beberapa peserta dan oknum PNS serta doxing akun Twitter Abel Kate yang membuat tagar BKNsarangMaling menjadi trending topic. Peristiwa ini menyebabkan krisis terhadap Badan Kepegawaian Negara (BKN), sehingga dapat mengancam reputasi organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis bagaimana komunikasi krisis BKN dalam membangun reputasi organisasi dengan menggunakan konsep Situational Crisis Communication dan Image Repair Theory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menangani krisis, Humas BKN menggunakan strategi menyangkal atau penolakan terhadap tuduhan (denial), menghindari tanggung jawab atas tindakannya (Evasion of responsibility), meminimalisir persepsi negatif (Reduce of Offensiveness), melakukan perbaikan atas kondisi yang terjadi (Correction Action) dan strategi respon krisis bolstering untuk memuji stakeholders dan menginformasikan prestasi organisasi kepada publik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...