Generasi Z adalah generasi muda harapan bangsa. Lanskap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengalami transformasi signifikan dengan munculnya Generasi Z (Gen- Z) sebagai konsumen dan calon pewaris bisnis potensial. Sebagai pewaris bisnis keluarga, peran Gen-Z dalam UMKM menjadi semakin penting. UMKM seringkali dikelola oleh anggota keluarga. Sebagai akibatnya, UMKM memiliki peran yang signifikan sebagai penopang perekonomian rumah tangga. Persaingan membuat perusahaan keluarga untuk memberdayakan anggota keluarganya, baik yang memiliki keahlian tertentu maupun yang berminat untuk membangun suatu perusahaan keluarga bersama– sama dengan anggota keluarga lainnya. Salah satu faktor utama yang menyebabkan bisnis keluarga tidak berlangsung lama adalah kurang suksesnya generasi pendahulu dalam mempersiapkan dan melakukan transfer pengetahuan kepada generasi berikutnya. Risikonya adalah pemimpin baru tersebut tidak siap dengan permasalahan yang dihadapi dan dapat membuat kinerja perusahaan menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, dalam rangka mempersiapkan Generasi Z (Gen-Z) sebagai penerus bisnis keluarga diharapkan dapat memiliki signifikansi yang tak terbantahkan dalam memastikan kelangsungan dan kemajuan bisnis keluarga di masa depan. Penguatan karakter dan peran Gen-Z dapat dikembangkan dalam hal kreativitas dan inovasi, membawa gagasan segar dan solusi baru untuk memperbarui dan meningkatkan bisnis keluarga.
Copyrights © 2024