Journal Economic Insights
Vol. 2 No. 1 (2023): Journal Economic Insights

PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, EARNING PER SHARE DAN NILAI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2021

Tristiawan, Feri (Unknown)
Dwi Astarani Aslindar (Unknown)
Elis Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Earning Per Share dan Nilai Pasar Terhadap Return Saham. penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017 – 2021. Total populasi dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan dengan total sampel 14 perusahaan manufaktur food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian selama 5 tahun sehingga sampel penelitian 70 data. Data yang digunakan menggunakan data sekunder dari beberapa sumber terpercaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Return Saham sedangkan variabel independen adalah Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Earning Per Share dan Nilai Pasar. Pengujian hipotesis ini menggunakan Analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan secara persial Struktur Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham. Likuiditas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Return Saham. Profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Return Saham. Earning Per Share tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Return Saham. Nilai Pasar tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil penelitian ini juga menunjukkan secara simultan variabel Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas, Earning Per Share dan Nilai Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

v1n1

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Aim and Scope: 1. Enterpreneurship; 2. Human Resource Development; 3. Marketing; 4. Finance; 5. ...