Proses pembelajaran di masa pandemic COVID 19 pengajar harus memberikan metode pembelajaran yang baik dan menarik yang memuat aspek interaktif, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Media pembelajaran yang menarik juga sangat diperlukan bagi siswa SD Tunas Harapan, dikarenakan dalam pembelajaran siswa sekolah dasar sangat antusias dengan hal- hal yang baru, dan perlu adanya pertimbangan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, efektif, mudah, dengan waktu yang fleksibel. Salah satu perkembangan media pembelajaran yang menarik minat siswa untuk lebih mengetahui tentang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan aplikasi Augmented Reality. Dengan metode pengembangan media pembelajaran ini, maka dibuatlah Aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada SD Tunas Harapan, Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran dengan menggunakan metode AR, penulis menggunakan metode Marker Based Tracking AR. Adapun tujuan dari penelitian ini agar memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar dan memahami materi, belajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Pada aplikasi ini setiap objek di tampilkan dengan gambar secara visual secara 3D menggunakan animasi, suara dan warna yang menarik, Metode penelitian yang ada dalam penelitian ini adalah studi literatur, studi lapangan, dan perhitungan sampel. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi mobile yang digunakan sebagai alat pendukung untuk membantu proses pembelajaran.
Copyrights © 2024