eProceedings of Art & Design
Vol. 10 No. 6 (2023): Desember 2023

PERANCANGAN STORYBOARD DALAM ANIMASI 2D TENTANG PAMALI 'JANGAN BERMAIN SETELAH MAGHRIB, NANTI DICULIK OLEH HANTU'

Shakina, Intan Nazla (Unknown)
Sudaryat, Yayat (Unknown)
Iskandar, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Mitos Indonesia yang paling sering didengar dan paling dikenal oleh berbagaimasyarakat adalah pamali. Pamali merupakan larangan atau pantangan yang dibuat olehmasyarakat dulu untuk memperingati orang lain. Jika dilanggar, maka akan mendapatkanmalapetaka. Pamali ini berguna untuk menjaga alam dan mengajarkan etika. Pamali mulai tidakterdengar karena modernisasi. Modernisasi membuat teknologi lebih canggih dan informasi dariluar masuk ke Indonesia dengan mudah. Masyarakat mulai tidak percaya dengan pamaliterutama <jangan bermain setelah maghrib, nanti diculik oleh hantu= dan lebih mempercayaihukum yang berlaku. Generasi muda sekarang lebih tertarik untuk mengetahui kebudayaan luardibanding dengan kebudayaan sendiri. Dalam perancangan yang akan dibuat kali ini berfokuskepada Storyboard, pada awalnya dicari data dari berbagai artikel dan melakukan wawancaradan memasukkannya ke dalam cerita. Dan akhirnya menjadi sebuah script. Agar menjadi acuandalam menggambar Storyboard. Perancangan Storyboard menggunakan teori yang sudahtersedia. Seperti Prinsip Animasi, Storyboard, Camera Angle, dan Camera Movement. Danmenghasilkan Clean Up Storyboard yang menjadi acuan penting dalam hasil akhir animasi.Kata kunci: Mitos, Pamali, Storyboard Animasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...