eProceedings of Art & Design
Vol. 10 No. 6 (2023): Desember 2023

PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI DESA TENUN PRINGGASELA SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYA UNGGULAN DI LOMBOK TIMUR

Widyatma, Muhammad Syafrizal (Unknown)
Pamela, Apsari Wiba (Unknown)
Aulia, Rahmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Berdasarkan LAKIP dinas pariwisata kabupaten lombok }mur pada tahun 2022, kunjunganwisatawan tercatat sebanyak 85.644 lebih banyak dibanding 2021 yang tercatat sebanyak 26.732wisatawan. Pada tahun 2021 desa wisata menjadi program unggulan yang dijalankan olehkemenparekraf, dan hingga kini di kabupaten Lombok Timur terdapat 150 desa wisata yangdikembangkan. Namun berdasarkan hasil wawancara dengan Pokdarwis desa pringgasela kunjungan wiastawan ke Desa Pringgasela }dak meningkat signi__kan meskipun kunjungan wisatawan ke Kabupaten Lombok Timur terbilang }nggi. Hal ini dikarenakan }dak efek}fnya kegiatan promosi yang dilakukan se}ap tahunnya, sehingga }dak menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Desa Pringgasela. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneli}an ini adalah metode kualitatiff. Untuk analisis data menggunakan analisis SWOT, AOI, STP, dan matriks perbandingan. Kemudian Hasil penelitian ini adalah rancangan identitas visual dan strategi promosi destinasi wisata berupa perancangan logo, banner, konten sosial media, landing page, dan event serta merchandise untuk menghadirkan brand experience kepada target audiens untuk mengenal dan merasakan uji coba wisata di Desa PringgaselaKata kunci desa wisata, lombok }mur, pariwisata, pengalaman brand, pringgasela, promosi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...