eProceedings of Art & Design
Vol. 11 No. 1 (2024): Februari 2024

PERANCANGAN BARU INTERIOR SEKOLAH ALAM MANDALAMEKAR BANDUNG DENGAN PENDEKATAN ANALOGI BERMAIN

Azaria, Nadine Anela (Unknown)
Asharsinyo, Doddy Friestya (Unknown)
Raja, M. Togar Mulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting yang harus ditempuh masyarakat. Bandung adalah salah satu Kota Pendidikan. Namun sangat disayangkan, saat ini baik kuantitas maupun kualitas pendidikan di Bandung masih tergolong kurang, terutama di Kecamatan Cimenyan. Terdapat beberapa tahapan metode perancangan yaitu tahap pengumpulan data yang merupakan mengumpulkan studi literatur dari topik terkait, wawancara, dan studi lapangan yang hasilnya kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil rancangan yang optimal. Untuk meningkatkan kuantitas pendidikan perlu adanya penambahan sekolah pada kawasan tersebut, sedangkan untuk meningkatkan kualitas dapat dengan fasilitas pendidikan yang dapat menarik minat belajar yaitu salah satunya metode pembelajaran action learning yang diterapkan pada sekolah alam. Selain itu juga pengaplikasian pendidikan yang dapat menarik minat belajar siswa dapat dengan pendekatan analogi bermain pada perancangan interior. Dengan adanya Sekolah Alam Mandalamekar Bandung yang menerapkan pendekatan analogi bermain pada rancangan interiornya, diharapkan dapat menarik minat belajar masyarakat, khususnya pada tingkat pendidikan SD, SMP, dan SMA sehingga kualitas pendidikan di wilayah tersebut dapat meningkat.Kata kunci: sekolah alam, action learning, bermain

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...