eProceedings of Art & Design
Vol. 11 No. 1 (2024): Februari 2024

PERANCANGAN INTERIOR SEKOLAH KHUSUS ANAK SLOW LEARNER DI KOTA BEKASI DENGAN PENDEKATAN PERILAKU

Manayra, Shaffa Alithia (Unknown)
Akhmadi, Akhmadi (Unknown)
Haristianti, Vika (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Anak slow learner merujuk pada anak-anak yang memiliki tingkat kognitif dibawah rata-rata. Karena keterbatasan potensi ini, proses pembelajaran bagi anak-anakslow learner memerlukan waktu yang lebih lama untuk memahami materi yang diajarkan.Hal ini bisa menyebabkan kesulitan dalam mengejar tuntutan akademis yang diberikan.Faktor penting yang turut menjadi permasalahahan adalah di Indonesia tidak ada sekolahyang khusus ditujukan untuk anak-anak slow learner, serta kurangnya pendekatanpembelajaran dan penanganan yang sesuai. Permasalahan yang dikaji berupa,penempatan dan pemilihan furnitur di sekolah tidak sesuai dengan standar untuk anakberkebutuhan khusus, yang dapat berdampak pada aspek keamanan dan kenyamanananak dan fasilitas ruang yang ada saat ini belum mampu memberikan lingkungan yangmerangsang produktivitas anak dalam meningkatkan kinerja mereka. PerancanganTalentscape School ini diharapkan dapat menjadi sekolah khusus anak slow learner yangdapat memberikan kesempatan bagi mereka yang selama ini merasa tidak memilikitempat belajar yang sesuai. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan suasana yangtepat dengan karakteristik pengguna fasilitas pembelajaran dengan menggunakanpendekatan perilaku. Hal ini akan mendorong anak-anak untuk meningkatkanproduktivitas dan potensi mereka.Kata Kunci : Sekolah Khusus, Slow learner, Perilaku, Produktivitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...