Dalam keseharian seseorang teknologi sudah menjadi bagian hidup mereka, takheran jika dari kalangan anak kecil hingga orang tua pun sudah mahir dengan teknologi.Teknologi pintar layaknya Smartphone, Smart TV, dan komputer, memiliki keuntungan untukbekerja, edukasi, dan hiburan yang dapat dimanfaatkan oleh seseorang, Namun denganadanya kemudahan tersebut orang-orang menggunakan media gadget mereka terlalu lama.Aktivitas melihat layar media ini disebut dengan Screen Time, penggunaan Screen Time yangberlebihan ini dapat mengakibatkan berbagai macam dampak negatif kepada kesehatanmental dan fisik penggunanya. Penulis melaksanakan penelitian ini bermaksud untukmenggambarkan interaksi yang terjadi antar mahasiswa dengan media, dan menjadi mediaacuan bagi mahasiswa agar dapat menghindari penggunaan Screen Time yang berlebihan.Untuk penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode kualitatif, pengumpulan datadilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Untukmetode analisis yang digunakan, penulis menggunakan studi kasus deskriptif agar dapatmembantu penulis memahami dengan lebih jelas interaksi antar mahasiswa dengan mediayang mengakibatkan Screen Time berlebihan. Hasil data penelitian tersebut penulis gunakandalam perancangan desain model karakter 3D dengan menggambarkan dampak daripenggunaan Screen Time yang berlebihan. Kata kunci: Desain model karakter 3D, Interaksi, Mahasiswa, Media, Screen Time
Copyrights © 2024