Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Isu dan Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam

Yanti, Rika Putri (Unknown)
Anggi, M. Shahid (Unknown)
Asia, Nur (Unknown)
Yennizar N, Yennizar N (Unknown)
Latif, Mukhtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi, arus globalisasi, serta perubahan sosial-budaya telah membawa berbagai isu kontemporer ke tengah masyarakat, termasuk dalam ranah pendidikan Islam. Berbagai pemikiran modern seperti sekularisme, liberalisme, dan pluralisme menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan Islam yang berupaya mempertahankan nilai-nilai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam berbagai isu kontemporer yang mempengaruhi pendidikan Islam dan bagaimana strategi pendidikan Islam dalam merespons tantangan tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari buku-buku ilmiah, jurnal akademik, artikel, dan dokumen yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan Islam harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa kehilangan esensi ajarannya. Diperlukan pendekatan yang integratif antara nilai-nilai tradisional Islam dan tuntutan modernitas, sehingga pendidikan Islam dapat tetap eksis dan memberikan kontribusi nyata bagi peradaban. Reaktualisasi kurikulum, penguatan nilai spiritual, serta pembentukan karakter peserta didik menjadi kunci dalam menjawab tantangan kontemporer yang terus berkembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...