Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian iPhone

Romadhoni, Susan Nur Izzah Laila (Unknown)
Siregar, Mulki (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana citra merek dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian iPhone di kalangan mahasiswa Universitas Islam Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan model penelitian asosiatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengguna iPhone dari kalangan pelajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 4. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t-statistik 2,044 yang melebihi batas 1,96 serta p-value 0,041 yang berada di bawah 0,05. Demikian pula, kualitas produk menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan t-statistik sebesar 4,536 dan p-value 0,000. Secara simultan kedua variabel citra merek dan kualitas produk secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 206,76 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3,09. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,810 mengindikasikan bahwa 81% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek dan kualitas produk, sementara 19% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa citra merek dan kualitas produk yang sama memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian iPhone di kalangan pelajar. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan kualitas produknya dan memperkuat citra merek guna mempertahankan loyalitas konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...