Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Analisis Peran Digital Marketing Dan Inovasi Bisnis Syariah Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Pesantren

Maulaa, Aufwatul (Unknown)
Windianingsih, Agustin (Unknown)
Yusuf, Muhammad Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris peran pemasaran digital dan inovasi bisnis syariah terhadap kemandirian ekonomi pesantren. Studi dilakukan pada unit usaha kantin mini Pondok Pesantren Hadiqoh Usyaqil Qur'an (HUQ) Cirebon dengan pendekatan asosiatif dan metode kuantitatif serta teknik analisis dengan menggunakan bantuan SmartPLS v 4.1.1.4.. berjumlah 100 responden dilibatkan sebagai sampel penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pemasaran digital dan inovasi bisnis syariah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian ekonomi pesantren dengan nilai R-square sebesar 0,576. Secara parsial, pemasaran digital memiliki pengaruh dominan (t-statistik = 4,333; f² = 0,192) melalui pemanfaatan media sosial dalam promosi, efisiensi komunikasi, dan perluasan pasar. Inovasi bisnis syariah juga berpengaruh signifikan (t-statistik = 3,423; f² = 0,131), khususnya dalam tata kelola usaha berbasis nilai-nilai keadilan, kehalalan, dan tanggung jawab moral. Temuan ini menegaskan bahwa strategi integrasi digital dengan prinsip syariah menjadi kunci dalam membentuk model ekonomi pesantren yang adaptif, mandiri, dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan kewirausahaan pesantren berbasis teknologi dan nilai Islam, serta membuka ruang untuk eksplorasi variabel eksternal pada studi lanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...