Penggunaan Gadget di kalangan siswa telah menjadi fenomena umum seiring berkembangnya teknologi digital. Namun, penggunaan Gadget yang berlebihan dan tidak terkontrol justru dapat berdampak negatif terhadap kemampuan belajar siswa. Penurunan konsentrasi, motivasi belajar, dan keterampilan sosial menjadi persoalan yang perlu ditinjau secara serius dalam dunia pendidikan. Mengetahui pengaruh penggunaan Gadget terhadap penurunan kemampuan belajar siswa melalui analisis berbagai penelitian ilmiah terkini. Metode: Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelusuri artikel ilmiah melalui basis data Google Scholar, DOAJ, dan Semantic Scholar. Penelitian ini didasarkan pada telaah terhadap delapan artikel terpilih yang dipublikasikan antara tahun 2020 hingga 2025, yang terdiri dari enam jurnal nasional dan dua jurnal internasional. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa mayoritas penelitian menemukan adanya hubungan negatif antara intensitas penggunaan Gadget dengan hasil belajar siswa. Gadget berdampak pada penurunan fokus, disiplin, interaksi sosial, serta prestasi akademik. Penggunaan Gadget secara pasif dan tanpa arahan terbukti mengganggu proses belajar yang efektif. Penggunaan Gadget yang tidak terarah merupakan faktor yang signifikan dalam menurunnya kemampuan belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan dan regulasi penggunaan Gadget yang melibatkan peran aktif guru dan orang tua.
Copyrights © 2025