Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 4: September 2024

PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN DAMPAK PEMASARAN UMKM MASCOT LADA PALEMBANG

Fathur Rahman (Unknown)
Siti Rahayu Pratami Lexianingrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran media sosial instagram dalam meningkatkan dampak pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sektor Lada. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang melibatkan wawancara mendalam dengan para pelaku UMKM lada dan analisis data penjualan dan pemasaran yang ada Media sosial adalah salah-satu media yang dapat meminimalisir penggunaan dana besar di awal usaha. khususnya Instagram, telah menjadi platform strategis untuk promosi dan pemasaran produk UMKM, berkat fitur-fitur interaktif dan jangkauan audiensnya yang luas. Studi ini mengidentifikasi bagaimana penggunaan Instagram dapat meningkatkan visibilitas, engagement, dan penjualan produk Mascot Lada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan brand awareness, interaksi dengan pelanggan, dan ultimately, peningkatan penjualan produk. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi UMKM dalam memanfaatkan Instagram secara efektif sebagai alat pemasaran untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-ABDI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, with registered number ISSN: 2797-9210 (Print), ISSN: 2798-2912 (Online) is a scientific multidisciplinary journal published by bajang Institute. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. ...