JIES : Journal of Islamic Economics Studies
Vol. 1 No. 1 (2020): Februari

Pengaruh Kualitas Layanan, Emosional Marketing dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan

Nisa, Khoirotun (Unknown)
Sopingi, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

Lembaga keuangan syariah (LKS) di Indonesia telah mengalami persaingan yang semakin meningkat tajam. Kondisi ini menjadikan setiap LKS membutuhkan usaha keras untuk mendapatkan dan mempertahankan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, pengaruh emosional marketing, pengaruh spiritual marketing, terhadap kepuasan, dan mengetahui ke tiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan Instrumen kuesioner yang disebarkan pada 57 nasabah. Uji statistik menggunakan uji asumsi klasik, pengujian hipotesis menggunakan uji Analisis regresi berganda uji T test, F test dan Uji R koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, emosional marketing dan spiritual marketing masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kemudian Kualitas layanan, emosional marketing dan spiritual marketing secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah di KSPPS BMT NU Jombang dengan nilai koefesien determinasi berganda (R-square) 87,8% dan sisanya 12,2% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jies is a semi annual journal published by the Islamic Economics Study Program, Faculty of Economics, Hasyim Asyari University, Tebuireng. Jies accepts original scientific papers that have never been published in Economics, Islamic Public Economics, Islamic Monetary Economics, Islamic Business ...