Era digital membawa perubahan mendasar dalam kehidupan umat manusia. Kehadiran media sosial, terutama TikTok, telah mengubah perilaku masyarakat dalam interaksi antarsesama. Unggahan konten-konten video di TikTok memiliki daya tarik tersendiri bagi penduduk Indonesia. Data menunjukkan bahwa penduduk Indonesia adalah pengguna TikTok terbesar di dunia, mengalahkan Amerika Serikat dan Brazil. Artikel ini memfokuskan kajian pada kekuatan dakwah melalui media sosial TikTok dan korelasinya dengan ayat-ayat Al-Quran tentang amar makruf dan nahyi munkar. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif, disajikan secara deskriptif serta menjadikan ayat-ayat Al-Quran sebagai landasan dalam melakukan analisis. Hasil kajian menunjukkan bahwa media sosial TikTok memiliki pengaruh signifikan dalam penyebaran informasi dan efektif dalam memengaruhi audien. Penyampaian pesan melalui rekaman video yang disertai narasi atau orasi memiliki daya pikat tersendiri yang berbeda dari media lain. Islam tidak menolak kemajuan teknologi. Justru Islam mendorong umatnya untuk beradaptasi sesuai kemajuan zaman. Menyebarkan pesan dakwah melalui media sosial tidak bertentangan dengan norma Islam. Agama Islam memosisikan setiap muslim/muslimah adalah juru dakwah. Al-Quran menekankan tiga aspek materi (konten) dakwah yang perlu disebarluaskan kepada publik untuk mengimbangi mereka dari pengaruh negatif keberadaan media sosial, yaitu aqidah, ibadah dan akhlak.
Copyrights © 2025