Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 5 No 1 (2026): Januari 2026

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KODULAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR PESERTA DIDIK

Nursalam (Unknown)
Rizki, Muhammad (Unknown)
Rahma Rahima DB (Unknown)
Muthya Hanifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

kemampuan berpikir aljabar merupakan salah satu kompetensi esensial yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk menjawab tantangan abad 21. Namun, kemampuan berpikir aljabar peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu faktor rendahnya kemampuan berpikir aljabar adalah keterbatasan media pembelajaran interaktif yang kontekstual dan representatif terhadap karakteristik siswa di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kodular yang dirancang secara khusus untuk memfasilitasi kemampuan berpikir aljabar siswa. Jenis penelitian ini yaitu Research & development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Produk diuji melalui validasi ahli, uji kepraktisan, serta keefektifan. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 peserta didik di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Gowa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dengan skor kevalidan rata-rata di atas 85%. Implementasi media memberikan hasil positif dengan nilai rata-rata respon guru 82,67% dan rata-rata respon siswa 73,56%, serta fektivitas sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,62. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis kodular yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan berpikir aljabar peserta didik tingkat SMA. Dengan demikian, pengembangan media digital berbasis Kodular menjadi solusi strategis dan inovatif dalam menjawab tantangan pendidikan modern, khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran aljabar di sekolah menengah.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...