Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa yang dirasakan pasien sebagai hasil evaluasinya membandingkan kinerja suatu produk jasa dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Puskesmas Muara Kulam Tahun 2024. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian ini adalah populasi orang tua anak balita yang berkunjung berobat di Puskesmas Muara Kulam tahun 2024 . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 orang. Cara pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Penelitian ini telah di laksanakan pada tanggal 08 Feruari- 08 Maret 2024. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data bivariat menggunakan uji Chi-Square dan multivariat regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan tangible (p value 0,030) , reliability (p value 0,016) responsiveness (p value 0,024), assurance (p value 0,005), dan empaty (p value 0,013) terhadap kepuasan pasien infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) di Puskesmas Muara Kulam Tahun 2024. Faktor yang paling dominan dengan Kepuasan Pasien Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu Responsiveness (p value 0,014), (OR 0,268). Kesimpulan ada hubungan tangible , reliability , responsiveness, assurance dan empaty terhadap kepuasan pasien infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Pentingnya penelitian ini memberikan gambaran faktor apa saja yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan kesehatan. Bagi pihak puskesmas hendaknya meningkatkan pelayanan dengan cara tanggap, serta cepat merespon dalam memberikan pelayanan.
Copyrights © 2024