Al Iqtishadiyah: Journal of Islamic Economics and Finance
Vol. 2 No. 2 (2023): Indonesian Sharia Bank

Analisis Faktor - Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dengan Akad Murabahah Bil Wakalah

Ustadatun, Ustadatun (Unknown)
Aribaat, Salma Khoirotunnisa (Unknown)
Sa'adah, Ulfa Ni'matus (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Lembaga keuangan syariah di Indonesia telah berkembang dengan pesat salah satu diantaranya adalah Bank Syariah. Bank Syariah di Indonesia secara konsisten telah menunjukkan perkembangannya dari waktu ke waktu. Perkembangan pertumbuhan Bank Syariah juga telah diikuti oleh perkembangan jaringan kantor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif dengan cara berfikir induktif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat terhadap KPR menggunakan akad Murabahah di BSI KCP Bojonegoro Suropati.Hasil penelitian menunjukan bahwa minat masyarakat untuk menggunakan produk KPR dengan akad murabahah di BSI KCP Bojonegoro Suropati dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya kepribadian, sikap dan keyakinan, motivasi, kebutuhan dan agama. Faktor eksternal yang mempengaruhi diantaranya pelayanan, margin keuntungan, lokasi serta promosi yang dilakukan oleh BSI KCP Bojonegoro Suropati. Minat masyarakat mengalami peningkatan setiap tahunnya dengan beberapa motif yang mendasari diantaranya karena mudah dalam pencairan, marginya kecil, pelayanan yang memuaskan serta lokasi bank yang dekat. Rasa kepuasan nasabah setelah melakukan transaksi khususnya pada produk KPR menggunakan akad murabahah juga mempengaruhi minat nasabah. Adanya promosi melalui marketing yang sangat mudah diterima masyarakat karena pemberian informasi yang sangat jelas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aliqtishadiyah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

a research journal in the discipline of islamic economics and sharia economy issues which is expected to contribute to a new or state-of-the-art for academic development or real-world applications, or both. This journal encompasses original research articles, including: Islamic Economic, Islamic ...