Point of Sales (PoS) yaitu sistem yang menangani aktivitas yang berorientasi pada penjualan yang terjadi pada bidang usaha retail, termasuk di dalamnya usaha restoran. Dalam mengelola usaha restoran, diperlukan pencatatan data-data seperti data transaksi penjualan, stok barang serta data manajemen karyawan yang dapat digunakan pemilik perusahaan dalam pengambilan keputusan. Subjek dari penelitian ini adalah Kedai Almaz yang belum menggunakan sistem PoS dalam mengelola usaha. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi literatur, observasi, dan wawancara. Penelitian ini akan merancang sistem aplikasi PoS menggunakan metode Task Centered System Design (TCSD). Metode ini terdiri dari 4 tahap yaitu identification, requirement analysis, design through scenario, dan walk through evaluate. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem aplikasi PoS berbasis web. Hasil pengujian menggunakan black-box test mengidentifikasi 37 fungsional telah berfungsi optimal dan menggunakan System Usability Scale menunjukkan aplikasi ini masuk dalam kategori Acceptable dengan nilai rata-rata 74.
Copyrights © 2023