SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 16 No. 1: Juni 2024

ANALISIS PERSEPSI GURU MATEMATIKA TINGKAT SMP -SMA SEDERAJAT DI KECAMATAN SOCAH TERHADAP PENGGUNAAN TIK UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Priandini, Erlina Sulis (Unknown)
Faulina, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) berperan penting bagi guru dalam segala aspek. Berbagai media TIK dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan, merangsang proses belajar siswa, dan memberikan peluang kepada peserta didik untuk mempelajari konsep secara lebih mendalam terhadap materi yang susah dipahami khususnya matematika. Sehingga peneliti ingin mengetahui persepsi guru matematika dalam penggunaan TIK, guna memberikan gambaran pentingnya TIK dalam proses pebelajaran. Jenis penelitian ini berupa mixed method dengan subjek penelitian 10 guru Matematika tingkat SMP dan 5 guru Matematika tingkat SMA sederajat di kecamatan Socah mengenai persepsi guru matematika dalam penggunaan TIK. Teknik pengumpulan data dimulai dari observasi, lalu penyebaran keisioner, dan pelaksanaan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar angket dengan teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi guru terkait pemahaman TIK masuk dalam kategori cukup tinggi dengan rentang skor 75% -  < 100%. Hal ini dikuatkan pula dengan hasil wawancara dimana guru mampu menggunakan LCD serta membuat media pembelajaran digital sendiri. Namun kendala yang dialami yaitu sarana dan prasarana di sekolah belum memenuhi, seperti kurangnya LCD, komputer, serta didorong faktor siswa kurang paham dalam penggunaan TIK. Dapat disimpulkan bahwa persepsi guru matematika terhadap TIK dalam pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...