Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dalam menyelesaikan masalah, khususnya terkait dengan materi hubungan garis dan sudut. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Persis Lembang Kabupaten Bandung Barat tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-eksperimental) dengan design penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunkan adalah tes objektif berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran model PBL berbantuan GeoGebra dengan pembelajaran langsung untuk meningkatakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Persis 50 Lembang. Hal ini tampak dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai sig.=0,000<0,05 yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara siginifikan antara rata-rata n-gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang menerapan PBL berbatuan GeoGebra berdampak baik terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Persis Lembang.
Copyrights © 2024