SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 16 No. 2: Desember 2024

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Mahardhika, Ghiffaari (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dalam menyelesaikan masalah, khususnya terkait dengan materi hubungan garis dan sudut. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Persis Lembang Kabupaten Bandung Barat tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-eksperimental) dengan design penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunkan adalah tes objektif berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran model PBL berbantuan GeoGebra dengan pembelajaran langsung untuk meningkatakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Persis 50 Lembang. Hal ini tampak dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai sig.=0,000<0,05 yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan secara siginifikan antara rata-rata n-gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang menerapan PBL berbatuan GeoGebra berdampak baik terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Persis Lembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...