Perkembangan aplikasi mobile banking dan gaya hidup di Indonesia bisa menjadi faktor penting bagi perkembangan industri perbankan di Indonesia. Peningkatan gaya hidup mahasiswa mampu mendorong pertumbuhan pangsa pasar industri perbankan. Mahasiswa sering dianggap sebagai kelompok yang paling melek teknologi karena mereka tumbuh dan belajar di era digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup secara parsial dan secara simultan terhadap perilaku konsumtif di kalangann mahasiswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di Kota Padangsidimpuan dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian pengolahan data menggunakan software SPSS versi 26.0. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan kepemilikan aplikasi mobile banking terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai sebesar 0,313 0,05 dan nilai thitung 1.014 ttabel 1.984. Sedangkan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,000 0,05 dan nilai thitung 9.560 ttabel 1.984. Kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa, dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi 0,598 atau 59.8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian, kepemilikan aplikasi mobile banking dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa. Kata kunci: Aplikasi Mobile Banking, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Copyrights © 2024